Memilih bisnis online yang tepat

webmaster 07 Maret 2018 Bisnis Online

Setelah anda memutuskan untuk memulai bisnis online anda sendiri, sebaiknya anda mengetahui perbedaan kategori - kategori bisnis online yang mana dapat anda pilih. Pada tulisan ini kita akan menjabarkan kategori bisnis online, sehingga memberikan kita pemahaman yang cukup tentang jenis-jenis bisnis online yang ada. Tidak semua bisnis online akan setenar atau terkenal semacam Amazon, Tokopedia, Bukalapak, Facebook, Etsy, Ebay, Lazada, atau Blibli. Meskipun jika bisnis anda tidak akan tumbuh menjadi brand raksasa, anda tetap perlu merencanakannya untuk jangka panjang.

Menginginkan bisnis kita sukses dan bertahan sama pentingnya juga dengan memilih jenis bisnis online yang akan anda jalankan. Kehilangan minat atau kekurangan pemahaman tentang area bisnis yang telah anda pilih bisa menghalangi pertumbuhan bisnis online anda. Maka dari itu, alangkah baiknya kita meletakkan beberapa pemikiran, minat dan pemahaman ke dalam jenis bisnis online yang ingin kita jalankan. 

Memilih bisnis online untuk hari ini dan esok

Rahasia sukses dalam perdagangan elektronik (e-commerce) adalah menciptakan bisnis yang akan bertahan dalam ujian waktu. Tentunya, pada sebagian orang mengambil kesempatan singkat dengan memanfaatkan tren yang terjadi dan membuat keuntungan darinya. Namun beberapa orang yang lainnya, pengusaha dan sebagian kecilnya memanfaatkan internet dan menjalankan ide bisnis mereka untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan dari tahun ke tahun untuk menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Istilah bisnis online yang begitu luas dapat dipahami dengan berbagai macam cara. Terkadang mengacu pada suatu usaha yang beroperasi hanya melalui internet dan tidak memiliki bentuk fisik lainnya semacam bangunan untuk menjual produk atau jasa. Dan terkadang kita dapat juga memahaminya untuk merujuk pada bisnis tradisional yang salah satu pendapatannya diperoleh dari penggunaan web.

Dalam pandangan penulis, bisnis online adalah entitas atau orang yang menggunakan internet, secara keseluruhan atau sebagian, sebagai sumber pendapatan untuk dirinya, bisnisnya, atau organisasinya.  

Menemukan bentuk bisnis online yang sesuai dengan tipe anda

Pada dasarnya anda dapat menjalankan berbagai macam bentuk bisnis online untuk menghasilkan uang. Hampir semua jenis peluang bisnis online menghasilkan pendapatan, termasuk diantaranya:

Bisnis ke Konsumen(BK): Pelangggan biasanya adalah konsumen individual dalam masyarakat umum. Mereka membeli produk atau layanan yang dirancang untuk penggunaan pribadi.

Bisnis ke Bisnis(BB): Pelanggan kemungkinan besarnya adalah pelaku bisnis, perusahaan atau institusi dalam skala besar. Mereka membeli dalam jumlah besar juga, seperti seragam mahasiswa kedokteran atau kesehatan, sampah daur ulang, peralatan laboratorium, perlengkapan kantor, instalasi jaringan komputer beserta aplikasi perangkat lunak yang menyertainya, komputer atau laptop baru atau bekas untuk daerah yang sedang berkembang,  catering kantor, supplier kebab atau burger dan sebagainya.

Persilangan diantara keduanya dapat terjadi. Terkadang kedua jenis pelanggan bisa menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan, seperti halnya aplikasi perangkat lunak, perlengkapan kantor, supplier kebab, catering, dan lainnya. Dan berkembangnya internet serta pesatnya pertumbuhan ponsel cerdas mendorong bisnis zaman now untuk menyediakan sarana belanja online, maka persilangan ini sering terjadi.

Baca jugaTujuh alasan utama memulai bisnis online

Mengetahui apakah pelanggan utama anda adalah konsumen individu atau bisnis akan membantu anda membuat lebih efektif kampanye marketing yang anda buat. Biasanya, kedua kelompok ini membeli dari anda dengan alasan yang berbeda. Dengan memasarkan ke masing-masing kelompok, anda dapat menargetkan pesan iklan anda dengan lebih baik untuk meningkatkan penjualan. 

Photo by Lauren Roberts on Unsplash