Rintangan dalam dunia SEO

nirmala 09 Maret 2018 SEO

SEO mempunyai rintangan, bahkan bagi yang sudah bertahun-tahun terjun dalam dunia SEO sejak awal kali mesin pencari ditemukan di era akhir 90-an. Mesin pencari semakin cerdas dari hari ke hari, bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun terus berinovasi, menghindari cara-cara manipulatif yang dilakukan para pegiat Black-Hat SEO yang menjanjikan penampakan situsweb secara instan sim salabim bum.

Apa saja rintangan yang akan datang ketika anda menerapkan SEO dalam situsweb ?. Sebelum kita mempraktikan SEO, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui rintangan-rintangan yang akan kita hadapi sehingga kita lebih siap terjun dalam medan pertempuran SEO, selebihnya jangan lupa share dan bookmark halaman blog ini kemudian ikuti terus artikel-artikel yang mengupas rahasia SEO yang akan kami tulis di blog ini untuk anda. 

Kendala waktu: Orang-orang banyak mengharapkan implementasi SEO dapat menghasilkan peringkat satu dengan cepat di semua halaman bahkan mendominasi di halaman pertama hasil pencarian oleh mesin pencari. Nyatanya, SEO bukan magic, tapi seni yang memerlukan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Konsultan SEO sejati selalu menganut cara-cara yang sah dan tidak berusaha untuk mengelabui mesin pencari. Penggunaan cara-cara yang licik atau curang dapat membantu anda mendapatkan hasil, tetapi tidak akan bertahan lama sebelum situsweb anda tertangkap dan mendapatkan penalti(hukuman) dari mesin pencari. Pelanggaran yang diakibatkan oleh cara-cara yang tidak sah dalam SEO mengakibatkan biaya yang tidak sedikit. Beberapa penalti yang ringan, membuat situsweb anda tidak dapat ditampilkan di hasil teratas apalagi di halaman pertama. Tapi ada juga bobot pelanggaran yang sangat berat, situsweb anda tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian di halaman manapun. 

Menghindari muatan yang tidak relevan dan mengandung SPAM: Konten atau muatan yang terdapat dalam situs web adalah Raja. Sebagaimana yang sering kita dengar di dalam pelatihan dan tutorial SEO. Situsweb berbasis konten biasanya sesuai dengan implementasi SEO, asalkan konten itu menarik dan relevan. Cukup mengisikan konten dengan kata kunci(keywords) mungkin tidak mengarah ke pada hasil yang baik. Misalnya, situsweb anda mengiklankan produk minyak goreng kelapa sehat, lalu menggunakan konten yang tidak relevan didalamnya seperti review ponsel cerdas, PC Game, atau mobile apps akan menyesatkan. Fokus konten tidak boleh mengalihkan perhatian pengguna. Pengguna harus menerima informasi yang mereka harapkan saat mereka menjelajahi situsweb anda. Apalagi faktor-faktor seperti memanipulasi konten, membangun link yang agresif dan konten yang buruk akhirnya terbukti bisa merugikan. Mesin pencari menyukai muatan yang segar atau terkini. Oleh karena itu, jika mutan dalam situsweb anda tidak berubah untuk waktu yang lama, atau jika anda telah menggunakan muatan duplikat dari situs web lain, situsweb anda tidak akan muncul di hasil teratas.

Tidak menyertakan SEO saat mendesain situsweb anda: SEO dan pengalaman pengguna-user experience(UX) ketika menjelajahi situsweb anda memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Ketika membangun situsweb anda perlu mempertimbangkan aspek penting untuk SEO dan pengalaman pengguna, menerapkan SEO setelah situsweb dibuat dapat menyebabkan penurunan penampakan dan keberadaan situsweb dalam hasil pencarian. Sebagai contoh, di situs toko online, sangat penting tombol selesai belanja(check out) terlihat jelas bahkan mendorong pengguna untuk segera menyelesaikan belanja onlinenya. Jika pengguna tidak dapat menemukan tombol selesai belanja, apalagi dalam prosesnya sama sekali tidak menarik pengguna untuk segera menyelesaikan belanja onlinenya dengan mudah, maka hanya menghasilkan navigasi yang buruk, sia-sia, tidak efisien, yang mengarah kepada pengalaman pengguna yang buruk. Pengguna tidak akan mengunjungi situsweb anda lagi jika mereka mengalami kesulitan yang sama ketika hendak menyelesaikan belanja onlinenya.

Beban situsweb terlalu berat: Mempercantik situsweb dengan muatan atau konten aksesoris-aksesoris tidak penting untuk SEO dan pengalaman pengguna akan menyebabkan beban situsweb anda semakin berat. Sehingga menyebabkan waktu pemuatan halaman web(loading) menjadi lambat atau berlebihan. Ketika waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman situsweb berlebihan, maka waktu untuk membuka halaman situsweb menjadi lambat. Dan penelitian telah mengungkapkan, kurang lebih pengguna akan mengabaikan pencarian jika waktu membuka halaman situsweb anda tidak optimal. Penggunaan ruang kosong yang tepat, arsitektur situsweb yang efisien, dan desain yang mudah bersahabat-user-friendly, beserta konten yang relevan, akan memperlancar pengalaman pengguna, mendorong pengguna untuk kembali mengunjungi situsweb anda. 

Baca juga : SEO cara organik meraih profit dan trafik

Rintangan-rintangan yang telah disebutkan tersebut tentu hanyalah sebagian dari rintangan yang ada, sebab SEO tidaklah mudah dan perlu ketekunan untuk melakukannya. Jika anda memang memerlukan SEO untuk situsweb yang akan anda buat, tanyakan kepada jasa pembuatan website yang anda pilih untuk menyertakan SEO ketika dalam proses pengerjaannya.