SEO On-page

nirmala 12 Maret 2018 SEO

Metode SEO melibatkan banyak faktor, faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi peringkat situsweb dalam hasil pencarian oleh mesin pencari. Tak ada situsweb yang dapat mengklaim telah menggunakan faktor-faktor tersebut dalam waktu yang bersamaan. SEO adalah tentang proses memberdayakan konten, memberdayakan pengalaman pengguna dan pemeliharaan peringkat situsweb dalam hasil pencarian. Pada dasarnya faktor-faktor ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On-page(On-site) dan SEO Off-page(Off-site).

SEO On-page terdiri dari faktor-faktor yang berada dalam area kontrol anda, termasuk kode situsweb anda. Ibarat lapak atau toko, maka SEO On-page ini adalah bagian interior dari lapak atau toko anda. Sebagai contoh, anda barangkali anda sering atau pernah mengunjungi toko buku-toko buku yang berada di kota anda, misalnya saja kita ambil contoh toko buku gramedia. Ketika anda berada di toko buku gramedia, maka anda tentunya akan merasakan kenyamanan untuk lebih betah berlama-lama di dalamnya, bila dibandingkan dengan toko buku yang lain. Mengapa demikian ?. Anda dapat memperhatikan, mulai dari tata pencahayaan yang enak untuk mata, tata letak rak buku yang tidak membuat pusing kepala, serta mudahnya kita menemukan buku dalam rak-rak buku yang telah disusun sedemikian memberikan nilai tambah bagi pengalaman pengunjung. Begitu pula dengan SEO On-page, yang didalamnya anda akan banyak melibatkan label meta, label deskripsi, judul utama, label judul, tautan internal dalam situsweb, peta situs, waktu yang diperlukan situsweb untuk memuat halaman, kemudahan navigasi halaman web, lebih lengkapnya anda dapat mengunjungi tautan berikut : SEO On-Page.

Optimasi On-Page berhubungan dengan faktor-faktor yang dapat anda kontrol diantaranya kode situsweb(HTML) anda yang mempengaruhi peringkat dalam hasil pencarian. Apa saja kode situsweb yang mempengaruhi peringkat secara optimal, maka anda perlu fokus pada faktor-faktor optimasi halaman web berikut :

Label judul - (title tags)

Label kata kunci(meta keywords) dan label deskripsi(meta descriptions)

Judul utama (h1, h2, h3, h4, h5, h6)

Konten yang menarik dan unik

Optimasi image

Media interaktif

Tautan keluar dan kedalam

Dari daftar optimasi halaman web tersebut, yang perlu kita garis bawahi pertama adalah konten yang menarik dan unik. Isi halaman adalah apa yang membuatnya layak berada dalam posisi peringkat terbaik dalam hasil pencarian. Apa yang menjadikan pengunjung datang untuk melihat itulah yang menjadikannya sangat penting bagi mesin pencari. Dengan demikian penting bagi kita untuk membuat konten yang bagus. Dari prespektif SEO, kita dapati bahwa konten yang bagus memiliki dua atribut. Konten yang bagus harus memenuhi permintaan dan dapat ditautkan. 

Baca juga: Rintangan dalam SEO

Konten yang bagus harus memenuhi permintaan

Isi halaman web adalah bagian tubuh dari situsweb, penggunaan konten yang relevan dan bermakna seperti halnya dalam dunia pasar, dimana informasi dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan. Konten terbaik adalah yang melakukan pekerjaan terbaik dalam memasok permintaan terbesar. Ini bisa berupa video, gambar, suara atau teks. Apalagi konten tersebut relevan dalam memasok sesuai dengan permintaan maka konten tersebut dianggap bagus.  

Konten yang relevan adalah raja. maka dari itu pastikan konten anda informatif, relevan, memberikan hiburan, melibatkan pembaca, dan mendorong mereka kembali untuk mengunjungi situs anda secara teratur. Perbarui secara teratur blog atau situsweb anda, gunakan media interaktif seperti video, gambar atau file audio di halaman web anda. 

Konten yang dapat ditautkan (linkable)

Dari prespektif SEO, tidak ada perbedaan antara konten terbaik dan terjelek dalam internet jika konten tersebut tidak dapat ditautkan. Jika orang-orang yang mengunjungi situsweb anda tidak dapat mentautkan konten tersebut, maka tidak mungkin mesin pencari dapat menilainya sehingga menyebabkan konten anda tidak mengarahkan trafik ke situsweb anda. Ini seringkali terjadi tanpa kita sadari. Beberapa contoh adalah tayangan slide foto yang dimuat melalui AJAX, konten yang dapat diakses setelah login(masuk), dan konten yang tidak dapat dibagikan. 

Pada bahasan selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai SEO On-Page yang akan dibagi dalam beberapa bagian tulisan. Jangan lupa untuk membagi artikel ini.