SEO On-Page bagian kedua

nirmala 14 Maret 2018 SEO

Beberapa tahun yang lalu, ada sejumlah pendapat yang memprediksi bahwa ada faktor-faktor yang membuat situsweb melejit di peringkat tertinggi dalam hasil pencarian. Banyak dari kalangan profesional yang menggunakan cara-cara yang tidak sah, Black-Hat SEO semacam ternak tautan(link farm), menempatkan banyak kata kunci di dalam halaman situsweb dengan harapan dapat memperoleh peringkat tertinggi dalam hasil pencarian. Menggunakan cara-cara curang seperti itu mungkin saja membuat situsweb kita berada di puncak dalam hasil pencarian pada awalnya, namun kemudian situsweb tersebut diberi sanksi oleh mesin pencari. Teknik-teknik menipu semacam itu hanya menipu mesin pencari dan tidak mempertimbangkan situsweb yang seharusnya ramah bagi para pengguna. 

Seiring waktu mesin pencari menjadi lebih efisien dalam menilai situsweb berdasarkan pada maksud pengguna dan menyaring situs-situsweb yang menggunakan tipu daya untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian. SEO di desain untuk membantu orang-orang menemukan informasi berkaitan dengan kueri pencarian mereka.

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas mengenai kriteria konten yang menarik pada halaman situsweb menurut standar SEO, maka tulisan ini akan membahas optimasi label judul (title tags). Optimasi label judul pada halaman situsweb dapat anda ketahui dari kode HTML yang terdapat pada halaman situsweb berupa kode label atau tag "<title>". Label atau tag <title> memberikan indikasi judul konten dari halaman situsweb.

tag title

Mesin pencari menampilkan judul halaman sebagaimana judul dalam cuplikan tautan pencarian. Seiring waktu, tergantung dari usia tautan, cuplikan pencarian dapat berubah secara dinamis dengan hasil yang sama. Jadi tidak ada aturan baku untuk membuat judul halaman.

Jangan memasukkan kata kunci ke judul halaman, karena google bisa saja menghukum situsweb anda yang memanipulasi proses pencarian secara alami. Hindari menggunakan frase yang tidak relevan atau kata kunci(keyword) tunggal dalam judul halaman. Judul halaman situsweb anda harus mendidik pengguna tentang konten halaman yang anda buat. Dengan demikian judul halaman harus relevan dan terkait dengan konten halaman. Penggunaan kata kunci tunggal akan menghadapi persaingan banyak yang ketat, sebab ribuan situsweb menggunakan kata kunci yang sama; alangkah baiknya menggunakan perpaduan atau campuran kata kunci dan frase yang terkait sehingga menghasilkan kata kunci unik dan sedikit panjang yang memadukan unsur lokal.

Menurut pakar SEO, penggunaan frase yang mengandung kata-kata yang relevan dengan paling banyak 55 - 65 karakter. Frase yang terlalu panjang tidak akan berfungsi dengan baik pada perangkat seluler, dimana terdapat keterbatasan ruang dalam layar perangkat seluler. Judul halaman dapat anda buat dengan menggunakan kata kunci yang menggabungkan frase yang relevan dengan muatan unsur-unsur lokal didalamnya.